Siswa SD Belajar Membuat Robot di Sindu Kusuma Edupark

By adminedu

Sleman (13/11) – Sebanyak 26 siswa SD dan SMP mengikuti workshop pembuatan Robot Soccer di Slemanfest Cafe & Resto, Sindu Kusuma Edupark, Mlati, Sleman Yogyakarta pada hari Minggu, tanggal 10 November 2019 bertepatan dengan hari Pahlawan. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari kegiatan Sindu Kusuma Robofest ke-1 yang diselenggarakan oleh LKP Edukasi Robotika Yogyakarta bekerjasama dengan Sindu Kusuma Edupark.

Acara yang bertajuk “Robotics Education for Millennials” ini diselenggarakan sebagai upaya dalam memperkenalkan perkembangan teknologi khususnya di bidang robotika sebagai bekal bagi generasi muda dalam menghadapi tantang di era Industri 4.0 bahkan di era yang lebih maju pada masa yang akan datang. Hal tersebut diutarakan oleh Arwin Pamungkas selaku ketua panitia pelaksana Sindu Kusuma Robofest ke-1 “Acara ini memang di desain untuk memberikan pengalaman langsung pada generasi muda atau yang saat ini kita sebut generasi millenial tentang teknologi robotika sebagai salah satu keterampilan yang dapat berguna bagi mereka di masa yang akan datang. terlebih di momen hari Pahlawan ini, kami ingin mengajak para peserta untuk dapat melanjutkan perjuangan para pendahulu dengan giat belajar demi kemajuan Bangsa Indonesia”.

Materi dalam workshop kali ini adalah Robot Soccer dengan sistem kendali Android. Materi disampaikan oleh Yushanafi Murshid, S.Pd. dan Aji Nugroho, A.Md.T. yang merupakan praktisi di bidang robotika serta Instruktur di Edubot Robotics School Yogyakarta. Materi tersebut dipilih karena pada saat ini smartphone sudah menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, bahkan banyak anak-anak yang sudah dikenalkan dengan teknologi ini yang tenttunya diikuti pula dengan potensi penyalahgunaan perangkat smartphone. Oleh karena itu, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif dalam memanfaatkan teknologi yang ada untuk hal yang bersifat positif dan menunjang perkambangan anak.

“Pemanfaatan smartphone sebagai remote robot mungkin merupakan hal baru bagi sebagian orang, khususnya peserta workshop ini sehingga diharapkan dapat memberikan pengalaman baru. Adapun mungkin yang selama ini dikenal kendali robot biasanya menggunakan konsole stick PS dengan koneksi bluetooth, sedangkan yang kita gunakan kali ini adalah remote android dengan koneksi wi-fi” ungkap Aji yang merupakan pengembang dari robot ini.

Peserta kegiatan ini adalah siswa SD dan SMP yang berasal dari berbagai daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain belajar membuat robot soccer yang dapat dikendalikan dengan smartphone, peserta juga diajak untuk berlaga dalam mini competition soccer robot. acara tersebut berlangsung meriah, dan didapatkan juara untuk kategori Junior adalah Dmitri Daren siswa SD Muhammadiyah Karangwaru, Juara 2 kategori Junior diraih oleh Muhammad Rakha dari SD Al Azhar 31 Yogyakarta. Pada kategori senior juara pertama diraih oleh Mulyawan Adimas Wibowo siswa SD Muhammadiyah Sapen, dan juara ke 2 adalah Nalendra Marsabi Ryuga dari SD Unggulan Aisyah Bantul. (red-AP)

 Category: NewsFeed

Related articles

Leave a Reply